Awas, Pikun Bisa Diakibatkan oleh Gigi Tidak Sehat


Gigi yang tidak terawat akan membuat seseorang cepat pikun.

Mungkin anda atau siapa saja menyepelekan masalah kesehatan gigi. Gigi anda dibiarkan tetap berlubang, gigi anda tetap dibiarkan kotor, tidak teratur menyikat gigi baik sebelum tidur atau sesudah makan, dll. Kalau anda membaca artikel ini barangkali anda akan tergerak hati untuk mulai merawat gigi sejak sekarang. Makanya baca artikel sebelumnya tentang cara merawat gigi agar tidak berlubang, Tips merawat gigi sejak dini dll.

Karena sudah ada penelitian terbaru menyebutkan bahwa masalah kesehatan berhubungan erat dengan kesehatan anda setelah tua nanti. Gigi yang tidak terawat dan tidak dijaga kesehatannya akan membuat seseorang cepat pikun.

Di antaranya yang disebutkan dalam penelitian tersebut adalah kurangya daya ingat bagi orang yang kurang memelihara kesehatan giginya. Sebagian besar orang yang tidak memiliki gigi terkena hilang ingatan berupa lupa pada kata-kata, lupa pada deretan angka-angka dll. Dalam ilmu pengetahuan hal tersebut hilangnya fungsi kognitif seseorang.

Seperti dikutip dari Kompas Dot Com, Seorang peneliti, profesor pada Department of Dental Ecology University of North Carolina, bernama Gary Slade mengatakan dalam penelitiannya bahwa,

"Adanya gigi yang tidak sehat adalah merupakan gambaran pola makan yang tidak baik. Maka akibatnya kekurangan nutrisi pada otak, seperti antioksidan. Kita tahu antioksidan bermanfaat untuk mencegah fungsi kognitif yang menurun. Akan tetapi kesehatan gigi yang buruk bisa juga disebabkan seseorang tidak mau atau menghindari makanan tertentu. Maka terjadilah penurunan fungsi kognitif"
     Sumber

GOSCEB

Saya adalah seorang blogger yang senang akan gosip yang sedang populer baik dalam negeri atau pun diluar negeri

Post a Comment