Studi: Perokok Laki-laki Lebih Rentan Terkena Kanker

Sebuah studi menemukan hubungan antara merokok yang dilakukan kaum laki-laki dengan hilangnya kromosom Y – mutasi yang bisa memicu penyakit kanker. Karena hanya laki-laki yang mempunyai kromosom Y maka kanker lebih sering dialami laki-laki tua dibandingkan perempuan tua.

“Statistik menunjukkan bahwa perokok laki-laki lebih rentan terkena kanker dibandingkan perokok perempuan. Karena ini terkait dengan kromosom Y – DNA dan molekul kecil yang mempengaruhi produksi sperma di tubuh laki-laki,” demikian keterangan studi tersebut.

Studi tersebut menganalisa lebih dari 6 ribu sukarelawan laki-laki. Studi tersebut dipimpin oleh Lars Forsberg dari Departemen Immunology di Universital Uppsala, Swedia.

“Kami sudah pernah mendemonstrasikan hubungan antara hilangnya kromosom Y di darah dengan risiko untuk kena kanker. Dari uji coba tersebut, ternyata hilangnya kromosom Y paling banyak ditemukan di laki-laki yang merokok,” kata Lars.

Sejumlah faktor lain yang dites termasuk kebiasaan berolahraga, tingkat kolesterol dan status pendidikan. Tim peneliti menemukan bahwa kerusakan genetik itu berhubungan dengan kebiasaan merokok.

“Hasil studi ini menunjukkan bahwa merokok bisa menyebabkan hilangnya kromosom Y. Temuan ini bisa menjadi bahan persuasive bagi para perokok untuk menghentikan kebiasannya itu,” ujarnya. (Sciencealert)
     Sumber

GOSCEB

Saya adalah seorang blogger yang senang akan gosip yang sedang populer baik dalam negeri atau pun diluar negeri

Post a Comment