Konsep Smart City Ahok akan Terapkan di Jakarta

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mantap menjadikan Jakarta sebagai kota maju dengan penerapan konsep "Smart City" atau kota cerdas. Ahok menilai, posisi DKI Jakarta dalam menerapkan konsep Smart City ini sangatlah potensial.

"Kita (Jakarta) sekarang sudah jadi smart city kok, sudah pakai smartphone semua kan, apa yang belum tahu tinggal pencet saja, modal jempol aja," tutur Ahok di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (5/12/2014).

Ahok mengungkapkan, penggunaan smartphone alias ponsel pintar saat ini memang memegang peranan penting untuk mewujudkan konsep smart city. Karena, kata Ahok, saat ini hampir semua program Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI dalam menyampaikan informasi terkait program hingga agenda kegiatan tidak perlu lagi dilakukan secara verbal, artinya bisa disampaikan melalui internet.

"Kalian juga tahu agenda saya bisa buka portal pemrov toh, enggak perlu tanya Humas lagi, sekretaris lagi," jelasnya.

Mantan Bupati Belitung Timur itu memaparkan, saat ini Pemprov DKI tengah berupaya agar kedepannya, jaringan internet level 4G dapat menjangkau seluruh wilayah DKI hingga Indonesia. Bahkan, untuk mendukung upaya ini, Ia telah merangkul beberapa provider untuk bekerja sama.

"Bukan hanya DKI, tapi target besarnya bisa seluruh Indonesia, besok Telkomsel mau launching 4G, saya pun sudah ketemu Menkominfo," tegas bapak tiga anak ini.

Seperti diketahui, sebelumnya Ahok telah menyampaikan keinginannya untuk menjadikan Jakarta sebagai kota dengan penerapan konsep 'Smart City' pertama di Indonesia.

Untuk mewujudkan hal itu, Pemprov DKI Jakarta akan menggandeng sejumlah perusahaan teknologi dan memperluas kerja sama dengan Google. Bahkan, orang nomor satu di Jakarta itu siap mengucurkan dana hingga Rp, 3 miliar untuk membeli Google Enterprise.
(amr)
     Sumber

GOSCEB

Saya adalah seorang blogger yang senang akan gosip yang sedang populer baik dalam negeri atau pun diluar negeri

Post a Comment