Permukaan Es Antartika Barat Mencair Lebih Cepat



WASHINGTON – Sudah lebih dari dua dekade ilmuwan telah mengamati mengenai perubahan yang terjadi di Antartika Barat. Diperkirakan, jika permukaan es di wilayah tersebut mencair maka akan menaikkan permukaan laut setinggi 3,3 meter.

Sesuai pengamatan yang dilakukan dan melihat banyak bukti baru yang terjadi, para ilmuwan melaporkan bahwa runtuhan es yang ada di Antartika Barat tersebut telah mengalami proses reruntuhan yang terjadi lebih cepat dan akan berdampak besar pada kota-kota pesisir di seluruh dunia, seperti dilansir dari stuff, Jumat (5/12/2014).

Dalam sebuah laporan Twin yang ditulis pada tahun ini, peneliti mengungkapkan bahwa proses pencairan ini mengalami peningkatan tiga kali lipat lebih cepat dalam dekade terakhir. Hal ini juga diakibatkan karena suhu permukaan laut hangat yang mendorong es cepat mencair.

Selain itu, dampak perubahan iklim yang terjadi begitu ekstrem menjadi salah satu alasan lainnya yang turut memengaruhi proses pencairan ini berjalan cepat. Suhu panas yang terjadi merupakan efek dari meningkatnya gas rumah kaca pada permukaan atmosfer.
(amr)
     Sumber

GOSCEB

Saya adalah seorang blogger yang senang akan gosip yang sedang populer baik dalam negeri atau pun diluar negeri

Post a Comment