Kisah Edward Snowden Raih Penghargaan Film Dokumenter

Citizenfour, film dokumenter karya Laura Poitras tentang Edward Snowden terpilih menjadi film feature terbaik di ajang International Documentary Association.

Penghargaan tersebut diserahkan pada Poitras akhir pekan lalu di gedung Paramount Studios. Pada tahun ini pula Poitras meraih Pulitzer Prize untuk film ini. Tahun lalu Poitras meraih penghargaan Courage Under Fire dari IDA juga untuk “keberaniannya melawan konspirasi untuk mengungkap kebenaran.”

Seperti ditulis laman ibnlive sebelum penghargaan dari IDA ini film Citizenfour juga sempat meraih penghargaan film documenter terabit di  New York Film Critics Circle Awards para pekan yang sama.

Citizenfour juga dinominasikan untuk penghargaan Independent Spirit Award bulan lalu sekaligus jadi salah satu dari 15 film dokumenter yang bertarung di Academy Award untuk meraih Oscar. 

“Apa yang dilakukan  Snowden mungkin adalah tindakan luar biasa  yang pernah saya lihat, hingga sebagai warga negara kita bisa tahu lebih banyak,” kata Poitras seperti dikutip Variety.

Poitras bertemu dengan Snowden saat bekerja dalam program investigasi tentang bagaimana pemerintah Amerika Serikat bertahan sejak kejadian 9/11. Saat itu Poitras menerima sejumlah email dari Snowden yang menggunakan nama samaran citizenfour.

Film Citizenfour  sendiri bercerita tentang sepenggal ketegangan dalam hidup Snowden saat berada di hotel di Hong Kong hingga bertemu dengan para wartawan dari sejumah surat kabar untuk menyebarkan penemuannya tentang kegiatan mata-mata NSA.  Film Poitras ini mengalahkan Finding Vivian Maier, Point and Shoot, The Salt of the Earth dan Tales of the Grim Sleeper. 

Film layar lebar tentang Snowden sendiri sudah diumumkan rencana pembuatannya dengan Joseph Gordon-Levitt sebagai Snowden dan Oliver Stone sebagai sutradara. Rencananya film itu akan  mulai diproduksi pada Januari 2015 di Munich.

IDA, organisasi nirlaba berusia 30 tahun yang memberi penghargaan pada film dokumenter dan budaya. Selain Poitras, lembaga ini juga memberikan penghargaan kepada pendiri Sundance Institute, Robert Redford, untuk penghargaan Career Achievement.
     Sumber

GOSCEB

Saya adalah seorang blogger yang senang akan gosip yang sedang populer baik dalam negeri atau pun diluar negeri

Post a Comment