Ini Dia 3 Mitos Seputar Diabetes

Jakarta - Penyakit diabetes tetap menjadi momok bagi banyak orang. Sebagian besar pasien diabetes tidak menyadari dirinya bisa terkena penyakit kencing manis tersebut.

Melansir diabetescare, Penyakit yang ditandai dengan kelebihan gula darah ini bisa menimpa pada siapapun, tanpa memandang usia. Biasanya, orang obesitas lebih berisiko untuk terkena diabetes.

Namun, banyak mitos seputar diabetes yang tidak banyak orang tahu, berikut ini diantaranya:

1. orang kurus tidak akan terkena diabetes tipe 2
Ini adalah sebuah mitos! Memang benar bahwa kelebihan berat badan merupakan faktor risiko diabetes tipe 2. Tetapi, menurut National Institute of Health, 15 persen orang dengan diabetes tipe 2 memiliki berat badan normal atau kurus.

2. Jika Anda memiliki diabetes tipe 2 dan mulai mengambil insulin, Anda akan terkena diabetes tipe 1.

Ini adalah sebuah mitos! Memang benar bahwa orang-orang dengan diabetes tipe 1 harus mengambil insulin karena tubuh mereka tidak memproduksi insulin secara sempurna. Diabetes tipe 2 berbeda. Seseorang dengan diabetes tipe 2 tidak dapat memanfaatkan fungsi insulin, atau disebut resistensi insulin. Obat diabetes lainnya mungkin tidak cukup untuk mengontrol gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2, itulah kenapa dia mengambil obat insulin.

3. Penderita diabetes tidak bisa makan makanan penutup.
Ini adalah sebuah mitos! Makanan penutup memang hampir selalu mengandung karbohidrat. Seseorang dengan diabetes perlu tahu berapa banyak karbohidrat yang bisa mereka makan, bahkan saat ngemil. Hal ini perlu dikonsultasikan pada tim medis Anda.
     Sumber

GOSCEB

Saya adalah seorang blogger yang senang akan gosip yang sedang populer baik dalam negeri atau pun diluar negeri

Post a Comment