Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kesehatan Mental dan Kecerdasan Terganggu

Kita sering tak menyadari bahwa kebiasaan dan gaya hidup bisa memengaruhi kondisi mental kita. Kesehatan mental tentu sangat penting untuk memastikan fungsi dari hampir setiap organ dalam tubuh, termasuk kecerdasan pada otak.

Ada beberapa kebiasaan dan gaya hidup yang tak disadari ternyata bisa mengurangi kecerdasan kita lho. Dilansir Boldsky, berikut beberapa kebiasaan yang bikin kecerdasan otak dan kesehatan mental kita terganggu:

1. Tidur berlebihan
Penelitian medis telah membuktikan bahwa terlalu banyak tidur tak hanya berefek pada kesehatan mental, tetapi juga meningkatkan resiko penyakit seperti diabetes. Tidur berlebihan dalam konteks ini mengacu pada tidur lebih banyak dari yang dibutuhkan, yaitu 6-9 jam dalam sehari.

2. Alkohol
Mengonsumsi alkohol apalagi secara berlebihan dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan mental. Hal ini juga bisa menyebabkan daya ingat terganggu, kegelisahan, dan depresi.

3. Kurang olahraga
Kita semua tahu fakta bahwa olahraga teratur mungkin adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental. Sebaliknya, kurang olahraga membuat orang lebih rentan terhadap stres, dan mengarah ke penyakit mental.

4. Merokok
Merokok adalah faktor lain penyebab kesehatan mental memburuk. Terlalu banyak merokok dapat mengganggu fungsi normal dari sel-sel otak, menyebabkan daya memori menurun dan aktivitas mental terganggu dalam jangka panjang.

5. Kurang tidur
Sama seperti tidur berlebihan, kurang tidur juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan fungsi otak. Kurang tidur adalah faktor utama mengapa anak-anak muda sering mengalami depresi dan mudah cemas.

6. Tak mau pelajari sesuatu yang baru
Ini adalah salah satu dari hal-hal yang mempengaruhi otak dan kesehatan mental secara keseluruhan. Tidak ingin belajar sesuatu yang baru tidak memungkinkan dalam hal perkembangan otak lebih lanjut.

7. Makan tidak benar
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng dan makanan tidak sehat lainnya dapat memberikan pengaruh buruk pada keseluruhan kondisi mental. Makanan yang tidak sehat memperlambat kekuatan otak dalam mencerna sesuatu.

8. Kehidupan sosial yang buruk
Dilansir Boldsky, jika kita amati, otak kita hampir didesain untuk bersosialisasi, dimulai saat kita pertama kali mulai bersekolah. Sebuah kehidupan yang tidak memiliki sosialisasi dapat menyebabkan ketidakharmonisan, serta kapasitas kondisi mental menjadi berkurang dalam jangka panjang.

(ctr)

     Sumber

GOSCEB

Saya adalah seorang blogger yang senang akan gosip yang sedang populer baik dalam negeri atau pun diluar negeri

Post a Comment