Ade Andrini dan Vicky Shu Ramaikan Ritual Malam Satu Suro

Bukan tanpa alasan, jika Ade Andrini kerap mengikuti acara-acara yang diselenggarakan Puro Mangkunegaran. Selain berdarah ningrat dari keluarga Mangkunegaran VI, Ade Andrini juga rupanya gemar mengikuti tradisi-tradisi tersebut. Salah satunya adalah mengikuti ritual malam satu suro, yang bertepatan dengan 1 Muharram.

"Ikut acara seperti ini, sudah sering ya. Kalau enggak salah sudah lima kali," ujar Ade Andrini kepada KapanLagi.com® di Solo, Sabtu (25/10).

Kekasih Galih Montana itu langsung antusias, begitu ada undangan dari Puro Mangkunegaran yang mengharapkan kehadirannya, sebagai keturunan raja. Ia bahkan tak canggung mengajak teman-temannya untuk ikut dalam acara-acara tradisi tersebut. Ade mengajak dua sahabatnya, penyanyi Vicky Shu dan Mia yang merupakan pemain biola berbakat.

"Aku hubungi mereka, dan Alhamdulillah langsung antusias juga. Setidaknya, mereka juga berusaha melestarikan budaya Indonesia," ujar Ade dengan nada sumringah.

Ade Andrini, Vicky Shu dan Mia menjalani ritual di Puro Mangkunegaran.Ade Andrini, Vicky Shu dan Mia menjalani ritual di Puro Mangkunegaran.

Antusiasme tiga sahabat tersebut juga ditunjukkan dengan persiapan yang mumpuni, termasuk menyiapkan waktu luang dan busana yang akan dikenakan. Untuk busana, Ade Andrini memesan dua jenis kebaya, yakni kebaya Kartini dan Kutubaru. Dipadukan dengan kain batik, membuat ketiga perempuan cantik tersebut, tampak lebih mempesona.

"Kita juga pakai sanggul," ujar Ade.

Prosesi ritual malam satu suro yang berlangsung, Jumat (24/10) di Puro Mangkunegaran diikuti ketiganya dengan khidmat. Terakhir, ketiganya larut dalam prosesi semedi. Sementara itu bagi Vicky dan Mia, mengikuti prosesi ritual malam satu suro adalah hal baru.

"Aku baru satu kali ikutan seperti ini," ujar Vicky yang kemudian diamini Mia.

Yang paling berkesan bagi Vicky dan Mia, adalah prosesi semedi yang dilakukan di tengah ruangan yang gelap gulita selama kurang lebih satu jam. "Berasa auranya jadi positif sambil membaca Alfatihah terus menerus," tutur Vicky.

Semedi, menurut Vicky dan Ade, sama halnya seperti tafakur atau merenung sambil mengingat apa yang sudah dilakukan dan memohon ampun kepada Sang Pencipta.

"Ini kan tahun baru Islam. Ya, jadi kita coba mengingat apa yang sudah dilakukan sebelumnya dan berusaha untuk memperbaiki. Cuma kalau di Jawa sini disebutnya prosesi semedi," ujar Ade.

Sumber || Gosip Celebrity

GOSCEB

Saya adalah seorang blogger yang senang akan gosip yang sedang populer baik dalam negeri atau pun diluar negeri

Post a Comment