6 Sarang Kuman di Rumah yang Mengancam Kesehatan

 Di musim hujan ada taktik sederhana agar Anda bebas dari virus influenza. Pertama, mendapat vaksinasi influenza. Kedua, menghindari rekan kerja yang mulai bersin dan batuk-batuk di kantor. Lalu yang ketiga, mengetahui tempat virus dan bakteri cenderung berasal, dan membersihkan semua tempat tersebut. Poin ketiga tampaknya lebih mudah untuk dikerjakan.

Dengan begitu, Anda dapat menghindari peluang terkena flu dan demam di musim hujan ini. Dilansir dari laman Prevention, ahli kuman Charles Gerba, yang merupakan profesor mikrobiologi di Universitas Arizona, memandu kita ke tempat-tempat di mana kuman paling sering mengintai. Juga, cara mengenyahkan mereka. 

1. Komputer bersama
Benda apapun yang mendapat kontak langsung dengan tangan dan jari-jari cenderung memiliki konsentrasi kuman tinggi yang menyeramkan. Bagaimana kontak terjadi? Yaitu saat Anda menyentuh mouse atau keyboard, lalu tanpa sengaja memegang mata, hidung, dan mulut.

Meskipun komputer hanya digunakan sesekali oleh satu atau dua orang di rumah, bersihkan komputer sebelum dipakai dengan kain khusus pembersih benda elektronik yang sudah diberi alkohol. 

2. Pintu kulkas
Entah itu di rumah atau di ruang istirahat kantor, pegangan kulkas sangat sering disentuh sepanjang hari, kata Gerba.

Bakteri dan virus dapat berkembang biak sangat cepat pada kulkas. Sekali seminggu gosokkan disinfektan ke seluruh kulkas, terutama pada lekukan-lekukan kecil seperti pegangannya.

“Disinfektan semprot juga efektif, tetapi penelitian mengatakan bahwa disinfektan dari alat penyeka seperti kain bertahan lebih lama di permukaan sehingga lebih efektif.”

3. Di dalam mobil
Sekalah dashboard mobil Anda dengan disinfektan setiap minggu. Kuman dapat menumpuk pada dashboard karena tertiup oleh angin dari AC atau pemanas mobil Anda.

“Jika Anda memiliki kursi mobil anak, bersihkan juga benda itu. Anak-anak akan menyentuh semua bagian pada tempatnya tersebut,” kata Gerba. 

4. Remote control
Ada penelitian yang melaporkan bahwa remote control di hotel ditempeli oleh kuman-kuman. Bahkan di rumah Anda sendiri, remote control merupakan salah satu permukaan yang paling berkuman, ucap Gerba.

Semua orang menyentuh remote control sepanjang waktu, terutama saat mereka sedang makan. Kegiatan itu membuat kuman dan bakteri tumbuh dengan bebasnya. Bersihkan remote control dengan kain khusus peralatan elektronik yang sudah diberi alkohol.

5. Tas

Anda tidak cuma memegang tali tas Anda. Pada akhirnya Anda akan meninggalkan tas Anda di lantai toilet yang kotor atau di meja toko. Tempat-tempat umum seperti itu merupakan lalu-lintas bakteri terbesar.

Saat membawa tas ke rumah, Anda berisiko menyebarkan apa pun yang telah Anda ambil pada keluarga tercinta. Semprot atau bersihkan tas kapanpun Anda memakainya dengan semprotan yang aman untuk bahan tas Anda. Gantung di gantungan saat di rumah sehingga mikroba sulit terlacak ke penjuru rumah.

6. Telepon seluler
Mengingat semua benda yang disentuh dengan tangan dan jari-jari Anda sarat bakteri, maka tidak terkecuali telepon seluler Anda. Bersihkan telepon seluler Anda setiap minggu dengan pembersih yang memakai alkohol khusus perangkat digital.

     Sumber

GOSCEB

Saya adalah seorang blogger yang senang akan gosip yang sedang populer baik dalam negeri atau pun diluar negeri

Post a Comment