Inilah Batu Pandan, Batu Legenda Betawi yang Mulai Langka & Harganya Melambung Tinggi

Indonesia memang negara yang menyimpan jutaan kekayaan alam yang beraneka ragam, mulai rempah-rempah, bahan tambang hingga yang saat ini sedang booming yaitu batu mulia atau batu akik. Bahkan, berbagai wilayah di Tanah Air diklaim memiliki potensi batu akik dengan kualitas yang terbaik.

Jakarta pun menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi kekayaan batu mulia tersebut. Sebagai Ibu Kota Negara, ternyata Jakarta juga memiliki batu pertama atau batu akik yang menjadi ciri khasnya. Ya, batu itu kini dikenal dengan sebutan batu Akik Pandan.

Menurut Ahmad Ridwan, salah satu pemilik Gemstone Rawa Bening, batu tersebut adalah batu yang sangat langka dan harganya pun bisa melambung tinggi. Bahkan, baru-baru ini dirinya mengaku telah menjual Batu Pandan Sujinya yang mencapai angka Rp 500 juta dengan kualitas yang sangat baik. Sedangkan, untuk batu yang masih berbentuk bahan atau bongkahan dijualnya per 10 kg dengan bandrol harga Rp 200 juta.

“Batu ini memang langka dan harganya pun bisa melambung tinggi,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada tujuh motif yang terdapat pada Batu Pandan. Ada motif Kembang Teratai, Rintik Hujan, Tempurung Kura, Kembang Bambu, Kembang Kol, Sisik, dan Bulu Monyet.

Batu pandan sendiri dikatakannya, termasuk dalam keluarga Chalcedony, merupakan jenis batu akik yang telah dikenal masyarakat Jakarta atau Betawi sejak ratusan tahun silam.

Maka, tak heran jika ada ungkapan “Bukan orang Betawi kalau tidak memakai batu akik pandan,” tuturnya.

Kehadiran macam-macam varian batu akik pandan ini pun semakin memperkaya khasanah budaya Betawi. Beberapa diantaranya, batu akik Pandan Sutra, Pandan Nanas, Pandan Suji, Pandan Lumut dan lainnya. “Semua varian memiliki ciri dan corak tertentu,” terang Ahmad Ridwan.

Selain batu Pandan, Betawi  juga memilki beberapa jenis batu akik lainnya, seperti batu akik Ati Ayam dengan corak warna merah tua, batu akik Badar Asem, dan satunya yang terkenal sering di gunakan para jawara, yaitu batu akik Wulung.

Sementara itu, batu akik Pandan ini  juga memiliki tingkat kekerasan yang mencapai skala 7 mohs, yang berarti sama dengan tingkat kekerasan batu giok. 
     Sumber

GOSCEB

Saya adalah seorang blogger yang senang akan gosip yang sedang populer baik dalam negeri atau pun diluar negeri

Post a Comment